Skip to content

Tips Berkendara Saat Hujan

Tips Berkendara Saat Hujan

Aktivitas keseharian yang tak bisa ditinggalkan, terkadang memaksa kita tetap berkendara walaupun harus menempuh derasnya hujan. Memasuki  musim penghujan seperti saat ini, ada baiknya kita mengetahui Tips Berkendara Saat Hujan dan motor tetap prima.

Selain faktor teknis, seperti kesiapan mesin dan komponen motor lainnya, berkendara saat hujan juga membutuhkan konsentrasi, kesiapan fisik, dan kemampuan melihat arah jalan. Jangan memaksa berkendara saat hujan, saat tubuh mengalami keletihan dan menderita sakit, seperti flu atau masuk angin.

Tips Berkendara Saat Hujan

tips aman berkendara di musim hujan

 

Rutin Bersihkan Kaca Helm 

Agar Anda dapat melihat arah jalan dengan baik di saat hujan, ada baiknya  membersihkan kaca helm (visor) secara rutin dengan sabun atau cairan pembersih lainnya. Air hujan yang menempel di kaca helm, jika dibiarkan mengering akan menyisakan bercak dan minyak, yang membuat penglihatan jadi kabur atau berbayang. 

Untuk membantu penglihatan saat menembus hujan lebat, gunakan perangkat anti-kabut seperti pinlock agar mencegah visor mengeluarkan uap. Disarankan juga untuk tidak membuka visor, karena begitu air hujan masuk,  visor akan sangat sulit dibersihkan. 

Pilih Ban yang tepat

Jika memasuki musim hujan dengan curah yang cukup tinggi, sebaiknya  menggunakan ban tipe turing karena memiliki grip yang bagus saat jalan basah maupun kering. Ban tipe turing lebih mencengkram di aspal yang basah.

Jangan lupa tekanan ban juga penting. Grip ban tidak akan bekerja dengan baik dijalan basah jika tekanannya terlalu tinggi atau terlalu rendah. Anda harus  rutin melakukan pengecekan tekanan ban sesuai spesifikasi yang dianjurkan.  

Jaga Jarak Kendaraan

Tak seperti keadaan normal, berkendara di saat hujan harus memperlebar jarak aman kendaraan. Hal ini sangat penting, karena  pengereman saat hujan deras  motor tidak dapat berhenti secepat di jalan kering dan visibilitas yang terganggu akibat derasnya hujan  dapat mengurangi waktu Anda bereaksi saat mengantisipasi kondisi jalan yang acap kali berubah.

Kondisi Mesin Prima 

Selain hal di atas, kita juga harus memperhatikan kondisi mesin. Saat hujan, mesin motor perlu tarikan yang stabil dan enteng. Untuk mendapatkan kondisi ini, perlu pelumas yang mumpuni seperti oli X-TEN. 

Setelah merasakan X-TEN, tarikan mesin yang enteng dan stabil. X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas. Sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi.

X-TEN mengandung bahan yang disebut ester yang menyebabkan X-TEN tahan lama, walaupun masa pakai X-TEN lebih panjang dari oli biasa, penguapan X-TEN bisa dibilang cukup rendah.sehingga XTEN akan membuat mesin Anda tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.