Skip to content

Masa Klasik The Drifters Bersama McPhatter

the drifters

Buat sejarawan serta banyak penggemar, The Drifters berarti Clyde McPhatter, walaupun dia bersama hanya selama satu tahun. McPhatter mengetuai tenor buat Billy Ward serta Dominonya sepanjang 3 tahun, diawali pada 1950. Tenor bernada besar McPhatter sebagian besar bertanggung jawab atas kesuksesan Domino. Pada tahun 1953, Ahmet Ertegun dari Atlantic Records mendatangi pertunjukan Domino di Birdland, serta memandang McPhatter tidak muncul. Jerry Wexler mengenang,

Ahmet keluar dari Birdland semacam tembakan serta langsung mengarah ke kota. Ia berlari dari bar ke bar mencari Clyde serta kesimpulannya menciptakannya di kamar berperabot. Malam itu pula, Ahmet menggapai konvensi dengan McPhatter di mana Clyde hendak mengumpulkan kelompoknya sendiri. Mereka diketahui selaku Drifters.

Mau memadukan suara gospel serta sekuler, upaya awal McPhatter merupakan memperoleh anggota kelompok gerejanya, Mount Lebanon Singers: William” Chick” Anderson, Charlie White, serta David” Little Dave” Baughan (tenor); David Baldwin (bariton, serta kerabat penulis James Baldwin); serta James” Wrinkle” Johnson (bass). Sehabis tahap rekaman 4 lagu pada 29 Juni 1953, Ertegun menyadari kalau campuran ini tidak sukses, serta memohon McPhatter merekrut lineup lain. Tim kedua tercantum tenor awal Bill Pinkney (dari Jerusalem Stars), tenor kedua Andrew Thrasher, serta bariton Gerhart Thrasher (keduanya dari tim gospel” The Thrasher Wonders”), Willie Ferbee selaku vokalis bass, serta Walter Adams pada gitar.

Ini merupakan tim pada tahap kedua yang menciptakan hit besar awal mereka,” Money Honey”, dirilis September 1953, dengan label rekaman menunjukkan nama tim” Clyde McPhatter and the Drifters”. McPhatter nyaris tidak diketahui sepanjang waktunya dengan Domino, serta ia kadang-kadang dikira selaku” Clyde Ward, adik Billy”. Dalam permasalahan lain, orang mengira Billy Ward yang bernyanyi.

“Lucille”, yang ditulis oleh McPhatter, dari tahap awal, ditempatkan di sisi- B dari “Money Honey”, membuat industri rekaman sangat jarang; suatu single yang dirilis dengan 2 lagu oleh 2 tim yang pada dasarnya berbeda dengan nama yang sama.” Money Honey” berhasil besar, serta mendesak Drifters buat lekas populer.

Pergantian lineup lebih diiringi sehabis Ferbee ikut serta dalam musibah serta meninggalkan tim. Sehabis Adams wafat, dia digantikan oleh Jimmy Oliver. Ferbee tidak ditukar; selaku gantinya, bagian suara digeser. Gerhart Thrasher naik ke tenor awal, Andrew Thrasher turun ke bariton, serta Bill Pinkney turun ke bass. Tim ini merilis sebagian hits lagi, tercantum” Such A Night” pada November 1953,” Honey Love” Juni 1954,” Bip Bam” Oktober 1954,” White Christmas” November 1954, serta” Whatcha Gonna Do” pada Februari 1955. McPhatter menerima draft suratnya pada Maret 1954, namun sebab dia awal mulanya ditempatkan di Buffalo, New York, dia bisa melanjutkan dengan tim buat sedangkan waktu.” Whatcha Gonna Do”, direkam setahun saat sebelum dirilis, merupakan rekaman formal terakhir McPhatter selaku anggota Drifters, walaupun rilisan solo pertamanya(“Everyones Laughing” b/ w” Hot Ziggety”) berasal dari Drifters terakhirnya tahap pada Oktober 1954. Sehabis menuntaskan dinas militernya, McPhatter mengejar karir solo yang berhasil namun relatif berusia pendek dengan 16 R&B serta 21 hit pop.

McPhatter menuntut bagian besar dari keuntungan grup, yang telah ditolaknya di Domino; pada kepergiannya, dia tidak memastikan bahwa ini akan berlanjut untuk penggantinya. Dia menjual bagiannya dari grup kepada George Treadwell, manajer, mantan pemain terompet jazz, dan suami dari penyanyi Sarah Vaughan. Akibatnya, Drifters mendaur ulang banyak anggota, tidak ada yang menghasilkan banyak uang dan hanya dibayar $100 seminggu $966 (tahun 2020) McPhatter kemudian menyatakan penyesalan atas tindakan ini, mengakui bahwa hal itu membuat rekan-rekan musisinya tidak mendapatkan keuntungan.

McPhatter awal kali digantikan oleh anggota asli David Baughan, yang jadi vokalis utama di konser dikala McPhatter masih bertugas. Suara Baughan mirip dengan suara McPhatter, namun perilakunya yang tidak menentu buatnya susah buat diajak bekerja sama serta tidak sesuai di mata eksekutif Atlantic Records. Baughan lekas meninggalkan tim buat membentuk Harps( 1955)( menciptakan jalur kembali ke Original Drifters Bill Pinkney pada tahun 1958), serta digantikan oleh Johnny Moore( tadinya dari The Hornets). Sepanjang bulan September 1955, lineup ini merekam hit R&B dengan sisi A” Adorable” menggapai no satu serta sisi B” Steamboat” jadi no 5. Ini diiringi oleh” Ruby Baby” pada Februari 1956, serta” I Got to Get Myself a Woman”.

the drifters

Pendapatan rendah berkontribusi pada keletihan di antara anggota. Bill Pinkney dipecat sehabis memohon Treadwell buat lebih banyak duit. Selaku keluhan, Andrew Thrasher berangkat pula. Pinkney membentuk The Flyers dengan vokalis Bobby Hendricks, yang hendak berangkat buat bergabung dengan Drifters tahun depan. Pinkney digantikan oleh Tommy Evans (yang mengambil alih Jimmy Ricks di The Ravens). Charlie Hughes, seseorang bariton, menempatkan Andrew Thrasher. Moore, Evans, Gerhart Thrasher, serta Charlie Hughes menemukan top- 10 hit pada tahun 1957 dengan” Fools Fall In Love” (no 69 Pop serta no 10 R&B).

Moore dan Hughes direkrut pada tahun 1957 dan digantikan oleh Bobby Hendricks dan Jimmy Millender. Pada awal tahun 1958, lineupnya adalah Bobby Hendricks (tenor utama), Gerhart Thrasher (tenor pertama), Jimmy Millender (bariton), Tommy Evans (bass), dan Jimmy Oliver (gitar). Lineup ini memiliki satu hit moderat, “Drip Drop” (nomor 58 Pop), dirilis pada April 1958.

Dengan menurunnya popularitas, yang terakhir dari Drifters asli dikurangi untuk bekerja di klub dan melakukan tugas ganda dengan pertunjukan di bawah nama Coaster dan Ravens.[4] Pada Mei 1958, baik Hendricks dan Oliver telah berhenti, kembali hanya untuk penampilan seminggu di Teater Apollo. Selama minggu itu, salah satu anggota bertengkar dengan pembawa acara untuk Malam Amatir Teater Apollo, Ralph Cooper. Ini dianggap sebagai pukulan terakhir bagi Treadwell, yang memecat seluruh grup. Setelah berdebat dengan Cooper, Treadwell menyewa sebuah kelompok bernama Five Crowns dan menamainya “The Drifters”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.