Skip to content

Cara Merawat Motor yang Jarang Dipakai

cara merawat motor yang jarang dipakai

Alasan orang membeli motor, salah satunya, adalah untuk memperlancar pekerjaan sehari-hari. Pada banyak orang, aktivitas menuju tempat kerja atau kantor dimulai dari berkendara menggunakan sepeda motor. Tak heran jika motor hampir tiap hari dipakai, seakan tiada hari libur untuk kendaraan roda dua ini. Di sisi lain, ada juga orang yang jarang naik motor, meskipun memilikinya. Karena itulah pada dasarnya setiap orang perlu paham dengan cara merawat motor yang jarang dipakai.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki motor, tapi jarang dipakai, perhatikan cara merawat kendaraan kesayangan Anda. Itu karena motor yang jarang dipakai perlu mendapatkan perlakuan khusus, sehingga saat dipakai di lain waktu, kendaraan Anda tidak bermasalah. Berikut ini beberapa cara merawat motor matik yang jarang dipakai.

Cara Merawat Motor yang Jarang Dipakai

Tetap Rutin Nyalakan Mesin

Meski motor matik Anda jarang dipakai, bahkan sering parkir di rumah tanpa gerak atau tidak digunakan untuk aktivitas, nyalakan mesinnya. Setiap hari, misalnya di pagi, lebih baik. Namun, jika tidak bisa tiap hari, minimal 2-3 hari nyalakan mesin motor matik Anda. Mesin yang Anda nyalakan secara rutin saat motor jarang dipakai agar bensin tidak terlalu lama mengendap di tangki. Kualitas bahan bakar menjadi tidak bagus jika bensin terlalu lama mengendap.

Selain itu, dengan rutin menyalakan mesin saat motor matik jarang dipakai, berpengaruh positif pada pelumasan oli ke seluruh bagian mesin. Tidak terjadi penyumbatan jalur-jalur oli pada mesin. Ini berbeda halnya jika Anda tidak menyalakan mesinnya, motor matik Anda berisiko mengalami kerusakan mesin.

Cabut Saja Akinya

Ini juga bisa Anda lakukan jika Anda punya rencana untuk tidak menggunakan motor kesayangan dalam waktu yang lama. Cabut saja akinya dan pastikan tidak ada kabel yang tersambung. Aki berfungsi sebagai sumber listrik bagi motor Anda. Jika komponen ini rusak, electric starter tidak bisa berfungsi. Anda harus menggunakan kick starter untuk menghidupkan mesin motor Anda. 

Untuk menghindarkan Anda dari mengeluarkan tenaga kaki berlebih untuk menyalakan motor, cabut saja aki saat kendaraan Anda lama tidak digunakan. Dalam keadaan motor tidak dipakai dalam waktu lama, aki tidak mendapat suplai listrik. Ini akan membuat aki cepat rusak atau soak karena daya atau listrik dari aki tetap akan berjalan, meski terbuang percuma. Untuk itu, cabut saja akinya. Dengan demikian, aki tidak rusak, dan ketika saatnya Anda berkendara, motor Anda siap untuk digunakan. 

Kuras Saja Tangki Bahan Bakarnya

Alternatif ini juga bisa Anda lakukan jika Anda benar-benar tidak menggunakan motor matik Anda dalam waktu sangat lama. Misalnya, Anda harus bepergian ke luar kota atau suatu keperluan yang memaksa Anda tidak memakai kendaraan Anda. Kuras saja tangki bahan bakarnya untuk mencegah adanya endapan bensin basi di dalam tangki. Cara ini menghindari kerusakan fuel pump pada tangki motor Anda. 

Selain itu, ketika Anda ingin menggunakan motor yang sudah jarang digunakan, kuras juga tangki bensinnya. Ini bertujuan untuk membebaskan tangki bahan bakar dari endapan sehingga tangki tersebut menjadi lebih bersih, terbebas juga dari korosi. Setelah itu, isi bensin dan gunakan motor kesayangan Anda untuk berbagai keperluan.

Ganti Oli Sesegera Mungkin

Langkah yang tak kalah penting jika motor matik Anda jarang digunakan adalah sesegera mungkin ganti oli. Alasannya simpel. Oli mesin yang sudah mengendap terlalu lama karena motor jarang dipakai menyebabkan kualitas pelumasannya menurun. Hal ini akan membuat mesin mudah rusak atau overheat karena kondisi suhu di dalam mesin sulit terjaga.

Cara merawat motor yang jarang dipakai

Perhatikan juga kualitas oli saat Anda melakukan penggantian. Jangan menggunakan sembarang oli. Anda bisa menggunakan oli X-TEN yang sesuai dengan motor matik Anda. Olinya tahan lama, bisa sampai 5.000 km. Sementara itu, oli motor biasa hanya mempunyai masa pakai antara 2.000-2.500 km.

Tidak seperti oli lainnya, X-TEN mengandung bahan yang disebut sebagai ester. Bahan ini menyebabkan X-TEN tahan lama. Walaupun masa pakai X-TEN lebih panjang, penguapan X-TEN cukup rendah. X-TEN sudah disertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Gunakan X-Ten untuk motor matik Anda yang jarang dipakai, agar saat mulai digunakan kembali, kinerja kendaraan kesayangan Anda tetap oke.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.