Skip to content

5 Penyebab Motor Mati Mendadak Saat Di Gas

penyebab motor mati mendadak

Penyebab Motor Mati Mendadak – Salah satu kenikmatan mengendarai motor adalah saat kita bisa menggebernya dengan kencang. Ngegas dengan kecepatan tinggi atau sedang, yang penting hati senang. Di sinilah pentingnya performa mesin yang sangat berpengaruh saat motor, baik motor matik maupun manual, digas. Namun, betapa menjengkelkan ketika kita hendak memacu kendaraan, ngegasnya, eh mesinnya mati. Alih-alih berkendara dengan nyaman, saat motor mati digas betapa dongkolnya hati karena aktivitas terganggu. Apa sebenarnya penyebab motor mati saat digas? Berikut ini beberapa di antaranya.

Penyebab Motor Mati Mendadak

Karburator Bermasalah

Jika Anda pengguna motor dengan karburator, coba periksa karburator kendaraan Anda. Bisa saja penyebab motor mati saat digas karena karburator bermasalah, misalnya kemasukan air atau komponennya memang rusak. Segera servis jika karburator rusak agar Anda bisa merasakan kembali nyamannya tarikan enteng motor tanpa harus rewel saat digas.

Busi Lemah

Komponen yang sering menjadi penyebab motor mati saat digas adalah busi. Kinerja busi yang tidak maksimal atau lemah akan berpengaruh pada pengapian yang tidak sempurna. Mesin pun jadi bermasalah dan ketika digas motor jadi mati. Anda perlu cek busi untuk mengetahui dengan pasti penyebab motor Anda mati saat digas. Copot busi. Jika kepala busi berwarna hitam pekat, segera ganti komponen ini. Jika hanya kotor, bersihkan businya. 

 

Habis Bensin

Motor yang menggunakan bahan bakar minyak tidak akan bisa jalan jika bensin habis. Nah, jika kehabisan BBM, motor Anda akan mati saat digas. Sebenarnya pada motor matik atau motor injeksi, ada tanda-tanda jika akan kehabisan bensin. Motor akan brebet-brebet saat digas. Mungkin Anda lupa isi bensin atau kurang awas dengan penanda ketersediaan BBM di motor Anda. Cara menyelesaikan masalahnya pun mudah, segera bawa motor kesayangan Anda ke pom bensin terdekat.

Tersumbatnya Sirkulasi Tangki BBM

Selain bensin habis, bisa juga penyebab motor mati mendadak adalah tersumbatnya sirkulasi tangki BBM. Ada lubang kecil di tutup tangki bensin yang menjadi lubang sirkulasi. Fungsinya menjaga tekanan udara di tangki motor Anda agar tetap berfungsi dengan baik. Jika lubang ini tertutup, bensin tidak mau turun ke ruang bakar dan dapat menyebabkan motor mati saat digas. Bersihkan saja lubang tangkinya maka motor Anda kembali bisa hidup saat digas.

Mesin Overheat

Motor injeksi maupun motor matik, jika mesinnya terlalu panas atau overheat bisa membawa masalah. Salah satunya adalah motor mati saat digas. Sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat dapat menjadi penyebab mesin overheat dan merepotkan karena saat digas, motor Anda mati. Solusinya mudah, dinginkan mesin ke level normal, motor Anda akan bisa jalan lagi. Digas rem gas rem akan kembali lancar dan Anda bisa menggebernya dengan nyaman di jalan raya. Periksa juga kondisi oli motor Anda. Jika olinya kurang, Anda dapat mengisinya sampai batas optimal. Tak kalah penting, gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda, apakah motor matik atau manual. Kualitas oli pun perlu Anda perhatikan agar mesin tidak mudah cepat panas.

 

Untuk hal ini, Anda dapat menggunakan oli X-TEN yang bikin mesin tahan lama. Lapisan ester X-TEN memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat BBM. Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBM-nya dan mesin tahan lama. Oli ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN loh. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk menggunakan X-TEN agar kinerja mesin optimal dan tidak cepat panas, yang menjadi salah satu penyebab motor mati saat digas. Anda bisa membeli oli ini di Planet Ban agar mesin motor Anda tahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.