Skip to content

4 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Mesin Motor Cepat Panas

Mesin Motor Cepat Panas – Sepeda motor didesain untuk membuat penggunanya nyaman dan aman berkendara. Ini juga termasuk motor matik yang menjadi andalan Anda. Salah satu komponen motor matik yang berperan penting membuat nyaman berkendara adalah mesin. Kinerja mesin yang mantap tentu akan membuat Anda senang, tidak was-was saat melaju di jalan raya.

Namun, namanya teknologi, pasti ada titik lemahnya. Misalnya, mesin yang didesain sangat canggih itu tetap pada suatu ketika bisa rusak. Bisa juga mesin motor matik yang halus dan bertenaga prima akhirnya bermasalah, misalnya mulai mudah panas. Ini tentu saja sangat merepotkan jika Anda mengandalkan kendaraan ini untuk mencari rezeki atau sekadar jalan-jalan. Nah, berikut ini penyebab mesin motor matik Anda cepat panas.

 

Mesin Motor Cepat Panas

Kerja Mesin Terlalu Lama

Ada saatnya Anda berkendara dalam jangka waktu yang tidak sebentar, bisa berjam-jam, bahkan diselingi jebakan macet. Jika itu yang terjadi, mesin motor matik Anda bisa cepat panas. Memang idealnya motor digunakan dalam jangka waktu yang normal, sedang-sedang saja, tidak digeber terus-menerus. Meski banyak keperluan atau pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan dan harus menggunakan motor sangat lama, jangan lupakan untuk mengistirahatkan kendaraan Anda sejenak.

Menggunakan motor dalam waktu yang sewajarnya dan menjaganya agar mesin tidak cepat panas membuat tunggangan kesayangan Anda awet. Sebaliknya, motor matik Anda yang sering dipaksa untuk bekerja lebih lama, dan mengakibatkan cepat panas, akan membuat kendaraan Anda mudah rewel, bahkan mogok, dan tidak nyala sama sekali.

Kelebihan Beban

Motor matik didesain untuk mengangkut beban, baik barang atau manusia, dalam kapasitas tertentu. Dengan kata lain, beban motor tidak seharusnya melebihi yang sudah ditentukan. Kelebihan beban muatan akan membuat mesin motor matik Anda bekerja lebih ngoyo. Tenaga yang digunakan mesin menjadi tidak sewajarnya, terlalu besar, membuatnya lebih cepat panas.

Hindari kelebihan beban agar motor matik Anda nyaman dan aman dikendarai, dan mesin pun tidak cepat panas. Jika terpaksa mengangkut barang dalam jumlah sangat banyak, Anda bisa mengakalinya dengan dua kali perjalanan atau menggunakan transportasi lain. Semakin bijak Anda mengelola daya angkut motor matik maka semakin sehat mesinnya, sehat pula kendaraannya.

Mesin Kotor

Setiap komponen motor matik harus dijaga kebersihannya, termasuk mesin. Cara ini akan membuat kendaraan Anda tidak mudah bermasalah atau merepotkan Anda saat berkendara. Jika mesin kotor, misalnya, akan berpengaruh pada laju kendaraan Anda. Selain cepat panas, motor matik Anda juga tidak terasa enteng dikendarai. Kotornya mesin juga akan merembet kepada persoalan lain, seperti beberapa komponen kendaraan Anda juga terganggu kinerjanya.

Jika Anda tidak paham soal mesin, segera bawa motor matik Anda ke bengkel. Di tangan montir berpengalaman mesin motor Anda akan dicek, misalnya ada masalah pembakaran atau penyebab lain yang membuat mesin cepat panas. Cara ini akan segera menyelesaikan masalah mesin cepat panas dan cepat pula membuat Anda lega karena kembali bisa berkendara dengan baik.

Sirkulasi Oli Terganggu

Oli sangat berkaitan dengan mesin. Kinerja mesin yang oke salah satunya karena oli dapat menjaga suhu kendaraan, menghaluskan gesekan yang terjadi saat mesin bekerja. Dalam hal ini, sirkulasi oli menjadi penting. Jika terjadi gangguan sirkulasi oli maka mesin menjadi cepat panas. Ini terjadi karena pasokan oli terganggu, terjadilah gesekan mesin dan menyebabkan panas lebih dari normal.

Untuk mengatasi masalah mesin cepat panas ini, segera periksa sirkulasi oli. Anda bisa membawa motor matik Anda ke bengkel untuk diservis. Mekanik akan mengecek sirkulasi oli yang membuat mesin cepat panas. Gangguan ini juga bisa diatasi dengan lebih mudah jika Anda mengganti oli dengan oli X-TEN.

Menggunakan X-TEN, mesin motor matik Anda tidak akan cepat panas. Selain itu, bikin mesin tahan lama dan menjaga performa motor matik Anda agar tarikannya tetap enteng. Lapisan ester X-TEN memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat BBM. Yang jelas olinya tahan lama.

Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBM-nya.

Oli X-TEN juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu menggunakan oli ini untuk motor matik Anda, untuk mencegah mesin cepat panas sekaligus meningkatkan performa kendaraan agar semakin nyaman digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.