Skip to content

4 Hal yang harus dihindari Supaya Motor Enak Buat Harian

Motor enak buat harian

Motor Enak Buat Harian – Maksud hati ingin motor kesayangan awet, namun bisa terjadi hal sebaliknya. Alih-alih merawat motor, Anda bahkan menjadi penyebab lebih cepat rewelnya kendaraan Anda. Kesalahan-kesalahan dalam menangani motor matik dapat menjadi biang kerok kendaraan andalan Anda tersebut cepat bermasalah, rusak, atau sering ngadat.

Sebagai pengingat, berikut ini beberapa kesalahan yang sebaiknya Anda hindari agar motor matik kebanggaan Anda tidak gampang rewel.

 

Motor Enak Buat Harian

Menahan Gas Ketika Motor Berhenti

Mungkin tidak Anda sadari kesalahan ini: menahan gas ketika Anda terjebak kemacetan atau motor matik Anda sedang berhenti. Kebiasaan ini akan mempercepat ausnya komponen kampas kopling. Masa pakai ideal kampas kopling adalah 30.000 km, namun bisa menjadi berumur pendek jika Anda melakukan kebiasaan menahan gas saat motor berhenti.

Kesalahan ini bisa Anda atasi dengan mudah. Hindari saja menahan tuas gas ketika Anda sedang berhenti berkendara. Jangan sampai membuka gas sedikit, namun laju motor Anda tertahan oleh tuas rem. Cara yang sangat mudah, cukup dengan membiasakan diri berkendara dengan baik, dan semoga motor matik Anda tidak mudah rewel.

Jarang Membersihkan Drive Belt

Agar motor matik tidak mudah rewel, banyak komponennya yang harus dibersihkan. Perawatan dengan cara membersihkan bagian-bagian motor, seperti drive belt, perlu dilakukan demi kesehatan dan performa terbaik kendaraan. Namun, adakalanya, karena suatu alasan tertentu Anda jarang membersihkan drive belt yang berujung pada bermasalahnya kendaraan Anda.

Drive belt yang berfungsi seperti rantai, jika jarang dibersihkan akan menimbulkan kerak. Umur pemakaiannya pun menjadi lebih pendek bahkan rawan putus. Kerak pada drive belt ini bisa terjadi karena debu atau rembesan oli. Agar tidak melakukan kesalahan karena jarang membersihkan drive belt, bawa saja motor matik Anda ke bengkel untuk diservis. Itu karena kadang kesalahan yang Anda buat dalam merawat motor berasal dari ketidaktahuan tentang cara menangani kendaraan dengan baik.

Tidak Mengganti Busi dan Filter

Komponen lain yang perlu Anda perhatikan pada motor matik adalah busi dan filter udara. Anda perlu melakukan penggantian kedua komponen ini sesuai dengan petunjuk buku servis kendaraan Anda. Misalnya, busi perlu diganti pada pemakaian 8.000 km dan filter udara pada pemakaian 14.000 km. Anda dapat melihat kembali panduan ganti busi dan filter udara pada buku servis kendaraan atau sesuai dengan saran bengkel.

Namun, lebih tepat saat mengganti busi dan filter udara ketika komponen-komponen ini mulai kotor, tidak layak pakai lagi. Anda bisa saja melakukan kesalahan tidak sengaja karena ketidaktahuan Anda, sehingga tidak mengganti busi atau filter udara tepat waktu. Ini akan berakibat rewelnya motor matik Anda. Segera bawa ke bengkel jika Anda tidak dapat menanganinya sendiri.

Telat Ganti Oli Gardan dan Oli Mesin

Kesalahan lain yang perlu Anda perhatikan dan hindari adalah telat ganti oli, baik oli gardan maupun oli mesin. Oli gardan perlu Anda ganti tepat waktu karena kualitas oli transmisi ini memegang peranan penting dalam menjaga komponen dalam CVT. Anda bisa mengganti oli gardan misalnya untuk setiap 8.000 km, atau sesuai saran bengkel dan pabrik motor.

Demikian pula dengan oli mesin, jangan melakukan kesalahan telat menggantinya demi kesehatan motor matik Anda. Tidak hanya telat ganti oli sebagai kesalahan fatal. Salah pilih merek oli motor pun dapat menjadi kesalahan berikutnya. Untuk itu, hindari kesalahan-kesalahan ini dengan menggunakan oli yang tepat untuk motor matik Anda, yaitu X-TEN.

Oli ini tidak hanya menjauhkan motor Anda dari rewel atau sering ngambek, namun juga bisa bikin entengnya tahan lama. Anda bisa merasakan tarikan yang tidak berat sehingga motor matik Anda nyaman dikendarai. Dengan menggunakan oli X-TEN, tarikan tetap enteng meski Anda sudah menggeber kendaraan Anda pada angka 5.000 km. Banyak pengendara yang mengganti oli untuk kembali mendapatkan tarikan mesin yang enteng. Berbeda dengan oli lain, pengguna X-TEN akan merasakan tarikan mesin yang entengnya tahan lama dan berlangsung terus sampai akhir masa pakainya.

X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi. Oli ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Jadi jelas kan? X-TEN adalah oli tahan lama dan buat tarikan mesinya tahan lama. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.