Skip to content

4 Cara merawat motor matic supaya mesinnya tahan lama

Cara merawat motor matic

Cara merawat motor matic – Betapa bahagianya bisa membeli dan memiliki motor matik baru. Selain bahagia dan bangga, berkendara dengan motor baru terasa aman, nyaman, dan menyenangkan. Aktivitas kerja atau sekadar refreshing menenangkan hati juga semakin asyik dengan kendaraan yang masih kinyis-kinyis, baru luar dalam, masih kelihatan kinclong.

Namun, ada baiknya Anda tidak terlena dengan kehadiran motor matik baru. Anda tetap perlu memperhatikan cara merawatnya agar motor yang baru saja Anda beli dan miliki bisa awet, tidak mudah ngadat, rewel, atau rusak. Berikut ini beberapa cara simpel merawat motor matik biar mesinnya tahan lama yang bisa menginspirasi Anda.

Cara merawat motor matic

Ikuti Petunjuk Servis Rutinnya

Karena masih baru dan motor masih juga mendapatkan fasilitas gratis untuk beberapa kali servis, bawa saja kendaraan Anda ke bengkel. Ikuti petunjuk atau jadwal servisnya. Ada juga bengkel yang rajin mengingatkan melalui pesan layanan singkat ke ponsel agar Anda melakukan servis di tanggal tertentu. Anda tinggal mendatangi bengkelnya dan motor matik Anda pun diservis dengan baik.

Buku petunjuk servis sangat membantu untuk Anda melakukan servis rutin. Sebagai pemilik atau pengguna motor matik baru, Anda tentu tidak ingin melewatkan jadwal servis rutin demi awetnya mesin motor Anda. Lakukan servis rutin untuk motor matik baru Anda, meski kemudian fasilitas gratis servis sudah tidak ada lagi. Walau masih tergolong baru, motor matik Anda tetap harus terus dirawat.

Jangan Sering Kehabisan Bensin

Motor matik baru kesayangan Anda tentu sangat nyaman dikendarai. Anda juga semakin bersemangat mencari nafkah, mengumpulkan rezeki, atau semakin bahagia bisa rileks menghibur diri dengan motor baru. Motor pun sering Anda gunakan, waswus, wes ewes-ewes, kencang dan pelan sama nikmatnya, namun jangan lupa untuk isi bensin.

Pastikan pasokan BBM ke motor matik Anda tidak terkendala, cukup untuk beraktivitas, dan jangan sampai kehabisan bensin. Apalagi, sering kehabisan bensin! Hindari hal ini agar motor matik baru Anda terus terasa baru sampai kapan pun. Motor matik yang sering tiba-tiba mogok di jalan karena kehabisan bensin dapat merusak mesin. Apalagi jika kendaraan Anda adalah motor matik injeksi. Jadi, pastikan bensin dalam kondisi full atau cukup saat Anda berkendara menggunakan motor matik baru agar mesinnya tahan lama.

Cek Juga Komponen-Komponen Ini

Beberapa komponen motor matik Anda perlu dicek agar kondisi barunya benar-benar terjaga dan awet. Misalnya, cek v-belt dan roller, pastikan dalam keadaan masih oke. Selain itu, aki juga perlu Anda cek secara rutin agar Anda tidak mengalami mati aki saat berkendara. Anda bisa membawa motor matik Anda ke bengkel bila Anda tidak memahami cara mengecek komponen-komponen tersebut.

Kebiasaan mengecek beberapa komponen pada motor matik baru Anda akan membawa hasil positif pada kendaraan Anda. Selain awet, dan tarikannya jadi enteng tahan lama, motor matik Anda juga aman dan nyaman dikendarai. Ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam berkendara dan membuat aktivitas semakin mudah, efektif, dan efisien diselesaikan dengan motor kesayangan.

Biasakan Ganti Oli Tepat Waktu

Motor matik yang masih tergolong baru tentu tidak banyak rewelnya. Itu jika Anda tidak lupa untuk merawatnya dengan baik. Selain beberapa langkah di atas, cara ini juga ampuh membuat motor matik baru Anda jadi awet. Biasakan ganti oli tepat waktu. Tidak hanya itu, Anda juga memastikan oli yang Anda gunakan sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda, yakni oli khusus motor matik.

Agar tidak salah pilih oli, Anda dapat menggunakan X-TEN. Olinya tahan lama. Ini selaras dengan keinginan Anda untuk merawat motor matik baru biar awet dan tahan lama. Oli X-TEN tahan hingga 5.000 km, sementara oli motor biasa mempunyai masa pakai antara 2.000-2.500 km.

Karena X-TEN mengandung bahan yang disebut ester, yang tidak dipunyai oli lain. Bahan ini menyebabkan X-TEN olinya tahan lama. Walaupun masa pakai X-TEN lebih panjang dari oli biasa, namun penguapan oli X-TEN cukup rendah. Kualitas X-TEN tidak perlu diragukan lagi┬ákarena oli ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Anda bisa membeli X-TEN di Planet Ban demi motor matik baru Anda tidak cepat pudar menjadi serasa motor lawas. Pastikan oli X-TEN yang terbaik, olinya tahan lama dan mesinnya jadi tahan lama juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.